Sistematika Standar Kompetensi Apoteker Indonesia Tahun 2022

GudangIlmuFarmasi – Halaman ini merupakan bagian tidak terpisahkan dari Standar Kompetensi Apoteker Indonesia (SKAI) Tahun 2022.

BAB I Pendahuluan

BAB 2 Sistematika Standar Kompetensi

Standar Kompetensi Apoteker terdiri atas 6 (enam) area kompetensi yang disusun berdasarkan peran, fungsi, tugas dan tanggungjawab apoteker dalam praktik kefarmasian. Masing-masing area kompetensi dilengkapi dengan beberapa komponen kompetensi. Selanjutnya setiap area kompetensi ditetapkan batasannya dalam pernyataan kompetensi inti dan dijabarkan lebih lanjut dalam pernyataan kemampuan yang diharapkan pada akhir pendidikan.

Susunan Standar Kompetensi Apoteker Indonesia digambarkan sebagai berikut.

Gambar 2.1 Struktur Standar Kompetensi Apoteker

Standar Kompetensi Apoteker dilengkapi dengan Daftar Pokok Bahasan, Daftar Masalah, dan Daftar Keterampilan yang dibutuhkan untuk pencapaian kompetensi. Ketiga daftar ini menjadi acuan bagi institusi pendidikan tinggi

farmasi dalam mengembangkan kurikulum pendidikan profesi apoteker di institusi masing-masing.

Daftar Pokok Bahasan

memuat berbagai pokok bahasan yang menjadi bahan kajian dalam proses pembelajaran untuk mencapai 6 (enam) area kompetensi apoteker. Materi tersebut dapat diuraikan lebih lanjut sesuai bidang ilmu yang yang berkaitan dengan dan dipetakan sesuai struktur kurikulum masing- masing institusi.

Daftar Masalah

memuat berbagai masalah yang dihadapi oleh apoteker dalam melaksanakan praktik profesi baik masalah-masalah yang berkaitan dengan sediaan farmasi yang dihadapi oleh individu, komunitas dan masyarakat yang membuat mereka membutuhkan kemampuan apoteker maupun masalah- masalah yang berasal dari pribadi apoteker. Mahasiswa pendidikan profesi apoteker perlu diperkenalkan pada berbagai masalah tersebut dan difasilitasi untuk belajar menanganinya.

Daftar Keterampilan

memuat berbagai keterampilan yang harus dikuasai oleh apoteker untuk melaksanakan praktik kefarmasian beserta tingkat kemampuan yang diharapkan. Daftar ini berfungsi sebagai acuan bagi institusi pendidikan profesi apoteker untuk menentukan materi pembelajaran beserta sarana dan prasarana pendukungnya.

Baca :  Kemenkes Rilis Buku Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Difteri

BAB 3 Standar Kompetensi

BAB 4 Daftar Pokok Bahasan, Masalah dan Keterampilan

BAB 5 Penutup

About farset

Situs http://gudangilmu.farmasetika.com/ merupakan sebuah website tutorial yang berisi “Gudang Ilmu Farmasi” atau kumpulan tulisan maupun data (database) dan fakta terkait kefarmasian yang dikategorikan kedalam pengetahuan yang cenderung tidak berubah dengan perkembangan zaman.

Check Also

Download e-Book Suplemen 2 Farmakope Indonesia Edisi VI

GudangIlmuFarmasi – Kementrian Kesehatan mengeluarkan Suplemen 2 Farmakope Indonesia Edisi VI pada 9 Januari 2023. …

%d bloggers like this: