8 Kampus Ekstensi yang Menerima D3 ke S1 Farmasi

GudangIlmuFarmasi – Bagi mahasiswa yang telah lulus jenjang Diploma 3 (D3) Farmasi ingin melanjutkan ke S1 (Sarjana) Farmasi bisa melanjutkan ke 8 kampus ekstensi dibawah ini.

Walaupun berbeda jalur yakni Vokasi (D3) dan Pendidikan, tapi nyatanya 8 kampus ini menerima perpindahan jalur dengan beberapa treatmen yang berbeda setiap kampusnya.

Daftar Isi

1. Universitas Esa Unggul

Program Studi Farmasi Universitas Esa Unggul memiliki keunggulan pada bidang nutraseutikal, yang mengaplikasikan ilmu Farmasi untuk pengembangan obat, food supplement dan pangan dari sumber alam di Indonesia baik untuk pencegahan penyakit maupun untuk pengobatan. Keunggulan Program Studi Farmasi Universitas Esa Unggul pada bidang Nutraseutikal akan didukung oleh Program Studi lain di lingkungan Universitas Esa Unggul antara lain Bioteknologi, Ilmu Gizi, Teknologi Industri, Teknologi Informatika serta Desain Produk, sehingga akan terjalin kolaborasi menarik untuk menghasilkan berbagai produk hasil penelitian yang bermanfaat bagi keilmuan serta masyarakat Indonesia. Program Studi Farmasi Universitas Esa Unggul didukung pula oleh dosen tetap dan dosen dari Fakultas Farmasi Universitas Indonesia yang berpengalaman di bidangnya dengan pendidikan S2 dan S3. Dengan adanya pengampuan dari Program Studi Farmasi Universitas Indonesia maka kualitas pendidikan, pengajaran maupun kualitas lulusan ada di bawah pengawasan Program Studi Farmasi Universitas Indonesia.

Alamat: Jl. Arjuna Utara No.9, RW.2, Duri Kepa, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11510

Website https://fikes.esaunggul.ac.id/farmasi/

2. Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata (IIK Bhaktiwiyata)

Program Studi S1 Farmasi Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri berdiri tahun 2005 dengan SK penyelenggaraan No.139/D/0/2005 tanggal 27 September 2005 dan mulai menerima mahasiswa baru pada Tahun Akademik 2006/2007 dengan peminat yang cukup banyak. Sampai saat ini program studi S1 Farmasi telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan No.032/BAN-PT/Ak-XIV/S1/X/2011 tanggal 21 Oktober 2011.

Baca :  Profil 5 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Menurut QS Asia 2016 yang Memiliki PS Farmasi

Kesadaran masyarakat akan hidup sehat semakin meningkat dan pengetahuan masyarakat yang semakin baik tentang obat dan pengobatan membuat program studi S1 Farmasi berkembang cukup pesat.

Mengantisipasi kebutuhan pasar akan tenaga teknisi kefarmasian maka disusunlah kurikulum berbasis kompetensi yang mendukung program studi S1 Farmasi yang unggul di bidang obat tradisional.

Muatan institusi dibuat cukup spesifik untuk menambah pengetahuan mahasiswa sehingga dapat berkompetisi di pangsa kerja kelak.

Alamat: Jl. KH Wachid Hasyim No.65, Bandar Lor, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur 64114

Wesbite https://www.iik.ac.id/web.php?judul=s1_farmasi_iik_bw&r=prodi_iik_bw&sp=s1farmasi

3. Universitas 17 Agustus 1945 (UTA’45 Jakarta)

Fakultas Farmasi Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, merupakan salah satu fakultas unggulan yang memiliki 2 program studi yaitu s1 Farmasi, dan Profesi Apoteker.

Program Studi Sarjana Farmasi adalah kesatuan kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang memiliki kurikulum dan metode pembelajaran dengan jenis pendidikan akademik bidang kefarmasian untuk menghasilkan sarjana farmasi, karya ilmiah dan karya pengabdian masyarakat baik berupa produk maupun keilmuan bidang kefarmasian.

Lulusan Program Studi Sarjana Farmasi yang dihasilkan akan berperan sebagai Care Giver (Pemberi pelayanan Kefarmasian), Decision Maker (Pembuat Keputusan), Communicator, ,Manager, Leader , Life Long Learner (pembelajaran seumur hidup), Teacher (pelatih, guru), Researcher (Peneliti) dan Entrepreneur baik melajnutkan kejenjang Program Studi Profesi Apoteker maupun menjadi Magister dan/atau Doktor dalam bidang kefarmasian.

Alamat Jl Sunter Permai Raya, Jakarta 14350

Website http://farmasi.uta45jakarta.ac.id/

4. Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN)

nstitut Sains dan Teknologi Nasional merupakan perguruan tinggi bidang sains dan teknologi swasta tertua di Indonesia dan telah berkiprah sejak tahun 1950. Badan Penyelenggara ISTN adalah Yayasan Perguruan “Cikini”.

Program Studi Farmasi adalah Program Studi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi farmasi dengan menggunakan kurikulum berbasis kompetensi dan menerapkan sistem pembelajaran Student Center Learning (SCL), dimana kurikulum ini mulai diterapkan pada tahun 2018, dilanjutkan kurikulum 2012, kemudian dirubah ke kurikulum berbasis KKNI yaitu kurikulum 2016.

Baca :  Sejarah Farmasi Rumah Sakit Pertama dan Apoteker Ahli Kimia Penemu Oksigen

Alamat: Jl. Moch. Kahfi II No.RT.13, RT.13/RW.9, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630

Website https://www.istn.ac.id/ffar/farmasi-s1/

5. Universitas Setia Budi (USB)

Universitas Setia Budi adalah sebuah universitas swasta di Surakarta, Indonesia yang letaknya berada di jalan Let. Jend. Sutoyo, Mojosongo, Solo.

Program Studi S-1 Farmasi menjawab tantangan di era Globalisasi dengan senantiasa memperbarui dan menyempurnakan kurikulum. Program studi ini dapat ditempuh dalam 8 semester (4 tahun) dengan beban studi sebanyak 148 SKS, dengan 140 sks mata kuliah dan 8 sks mata kuliah pilihan, dilengkapi dengan mata kuliah KKL untuk menunjang pengetahuan tentang pelayanan kefarmasian.

Alamat: Jl. Letjen Sutoyo, Mojosongo, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57127

Website https://farmasi.setiabudi.ac.id/

6. Universitas Bhakti Kencana (UBK)

Universitas Bhakti Kencana, disingkat UBK, atau disebut juga Bhakti Kencana University atau BKU, adalah sebuah universitas swasta yang tersebar di tujuh kota di Indonesia, termasuk Bandung, Jakarta Timur, Garut, Serang, Subang, Tasikmalaya, dan Mataram.

Program Studi Sarjana Farmasi Fakultas Farmasi Universitas Bhakti Kencana bertujuan untuk menghasilkan lulusan sarjana farmasi yang memiliki kompetensi dalam lingkup keilmuan dan pekerjaan kefarmasian, menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat untuk pengembangan ilmu kefarmasian serta peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, menghasilkan lulusan yang memiliki budaya mutu berdasarkan nilai etika dan moral dan meningkatkan kualitas lulusan, SDM, tata kelola dan kelembagaan yang entrepreneurial.

Pendidikan Sarjana Farmasi di UBK diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang menguasai keilmuan di bidang sains dan teknologi farmasi, farmakologi dan farmasi klinis dalam pelaksanaan pekerjaan kefarmasian.

Kurikulum yang digunakan terdiri dari kurikulum inti dan kurikulum institusional. Kurikulum inti terdiri atas kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK), kelompok Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB), kelompok Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB), dan kelompok Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB). Sedangkan, Kurikulum Institusional terdiri dari Mata kuliah pilihan dan mata kuliah wajib institusi.

Baca :  Tidak Punya Biaya Tapi Ingin jadi Mahasiswa Farmasi? Gunakan Beasiswa Bidikmisi

Alamat: Jl. Soekarno Hatta No.754, Cipadung Kidul, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

Website https://farmasi.bku.ac.id/

7. Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia (STFI)

Menjadi perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang unggul dan inovatif dalam bidang pengembangan bahan baku dan sediaan farmasi berbasis bahan alam Indonesia pada tahun 2030

Alamat: Jl. Soekarno Hatta No.354, Batununggal, Kec. Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40266

Website https://www.stfi.ac.id/

8. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Universitas Muhammadiyah Surakarta merupakan satu dari 164 Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan satu di antara 1.890 Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. UMS terletak di Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo.

Rujukan pendidikan dan pengembangan ilmu farmasi dengan berpijak nilai Islami dan berwawasan global. Kami sebagai agen perubahan memberi dampak berkemajuan pada bidang farmasi dengan berlandaskan nilai-nilai Keislaman dan Kemuhammadiyahan

Alamat: Jl. A. Yani, Mendungan, Pabelan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57162

Website https://www.ums.ac.id/en/faculties/fakultas-farmasi

About farset

Situs http://gudangilmu.farmasetika.com/ merupakan sebuah website tutorial yang berisi “Gudang Ilmu Farmasi” atau kumpulan tulisan maupun data (database) dan fakta terkait kefarmasian yang dikategorikan kedalam pengetahuan yang cenderung tidak berubah dengan perkembangan zaman.

Check Also

Sejarah Lengkap Apotek, Apoteker, dan Asisten Apoteker di Indonesia

GudangIlmuFarmasi – Sejarah lengkap Apotek, Apoteker, dan Asisten Apoteker di Indonesia di sadur dari Facebook …