Home / Calon Farmasi / Dipisahnya Farmasi dari Kedokteran serta Farmakope dan Organisasi Apoteker Pertama di Dunia
farmasi-dan-kedokteran
"Great Moments in Pharmacy" oleh George A. Bender, Paintings By Robert A. Thom

Dipisahnya Farmasi dari Kedokteran serta Farmakope dan Organisasi Apoteker Pertama di Dunia

GudangIlmuFarmasi – seri keempat dikisah “40 Peristiwa Sejarah Lahirnya Ilmu Farmasi dari Zaman Purba Hingga Kini” kembali berlanjut. Kali ini  Mengulas “Dipisahnya Farmasi dari Kedokteran serta Farmakope dan Organisasi Apoteker Pertama di Dunia“.

14. Raja Frederick II Memisahkan Ilmu Farmasi dengan Kedokteran

Pada abad ke-17 negara-negara di Eropa mulai dipengaruhi oleh kebudayaan Islam dari Arab dan apotek komunitas mulai muncul. Namun, hal itu terjadi hingga 1240 Sebelum Masehi. Di Sisilia dan Italia selatan, Farmasi dipisahkan dari Kedokteran.

Raja Frederick II dari Hohenstaufen, seorang Kaisar Jerman serta Raja Sisilia yang juga bertindak sebagai penghubung diantara dunia Oriental dan Occidental. Di istananya di Palermo mengeluarkan dekrit untuk rakyat di Eropa bahwa Apoteker benar-benar harus memiliki tanggung jawab yang terpisah dari orang-orang ahli bidang kedokteran, dan mulai memberikan peraturan peresepan untuk praktek profesional apotekernya.

15. Terbitnya Farmakope Pertama dalam Bahasa Italia

Ide buku farmakope menjadi panduan resmi yang harus diikuti oleh semua apotek berasal dari Florence, Italia. Nuovo Receptario, awalnya ditulis dalam bahasa Italia, diterbitkan dan menjadi standar hukum untuk negara Italia pada tahun 1498.

Karya ini merupakan hasil kolaborasi dari para ahli apoteker dan Masyarakat Kedokteran, salah satu manifestasi awal dari hubungan interprofessional yang konstruktif pertama di masa lampau.

16. Terbentuknya organisasi apoteker pertama di dunia

Perdagangan obat dan rempah-rempah sangat menguntungkan di Abad Pertengahan. Di kepulauan Inggris, hal ini dimonopoli oleh “Serikat Penjual” yang memiliki yuridiksi atas apotek. Setelah bertahun-tahun berusaha, apoteker bersatu dengan dokter di meja pengadilan.

Francis Bacon sebagai philosopherpolitician yang berperan dalam mengatur perdagangan obat dan rempah-rempah diberikan piagam penghargaan oleh Raja Inggris “King James” pada tahun 1617 yang berhasil membentuk perusahaan terpisah yang dikenal sebagai “Master, Wardens and Society of the Art and Mystery of the Apothecaries of the City of London” . Ini adalah organisasi pertama apoteker di dunia.

Baca :  Sejarah Farmasi Rumah Sakit Pertama dan Apoteker Ahli Kimia Penemu Oksigen

About Nasrul Wathoni

Nasrul Wathoni, Ph.D., Apt. Pada tahun 2004 lulus sebagai Sarjana Farmasi dari Universitas Padjadjaran. Gelar profesi apoteker didapat dari Universitas Padjadjaran dan Master Farmasetika dari Institut Teknologi Bandung. Gelar Ph.D. di bidang Farmasetika diperoleh dari Kumamoto University pada tahun 2017. Saat ini bekerja sebagai dosen dan peneliti di Departemen Farmasetika, Farmasi Unpad.

Check Also

Inilah Standar Gaji Tahun 2018 di Industri Farmasi dan Rumah Sakit di Indonesia

GudangIlmuFarmasi – Kelly Services Indonesia bekerjasama dengan PERSOL memberikan gambaran rinci tentang kekuatan domestik di tempat …