Home / Calon Farmasi / Alasan Mengapa Simbol Farmasi Berupa Gelas dan Ular Menurut Sejarah

Alasan Mengapa Simbol Farmasi Berupa Gelas dan Ular Menurut Sejarah

GudangIlmuFarmasi – Profesi farmasi telah menggunakan banyak simbol selama berabad-abad yang lalu. Simbol-simbol ini diantaranya lesung dan alu, tanda Rx, berbagai simbol alkimia, globe, silang hijau, salamander, “A” untuk apoteker (Apotheke), dan Bowl of Hygeia (mangkuk Hygeia/gelas dan ular).

lambang farmasi

Apa itu Bowl of Hygeia?

Bowl of Hygeia adalah simbol internasional yang paling banyak dikenal untuk profesi apoteker saat ini.

Beberapa sumber menunjukkan spekulasi bahwa Bowl of Hygeia digunakan sebagai simbol untuk apotek di Italia pada 1222, karena mereka menggunakan lambang ini selama perayaan ulang tahun ke-700 berdirinya Universitas Padua.

Namun, tidak ada bukti yang membuktikan dan mendukung salah satu dari klaim ini. Sejarah membuktikan bahwa Bowl of Hygeia dikaitkan dengan apotek sejak tahun 1796, ketika simbol itu digunakan dalam koin yang dicetak untuk Masyarakat Farmasi Paris.

Bowl of Hygeia berasal dari mitologi Yunani dan secara universal digambarkan sebagai ular yang dibungkus dengan satu atau cara lain di sekitar mangkuk atau gelas. Aesculapius (diucapkan Es-Kah-Lay-Pi-Ous dan kadang-kadang dieja Asklepios) adalah dewa pengobatan dan penyembuhan Yunani.

Dia adalah anak Apollo, putra Zeus. Zeus menjadi takut bahwa Aesculapius akan membuat semua pria abadi karena kekuatan penyembuhannya, jadi dia membunuhnya dengan petir.

Kuil dibangun untuk Aesculapius, dan ular-ular yang tidak berbahaya ditemukan di dalamnya. Ular-ular ini tampak mati karena mereka kaku. Namun, saat didekati dan diganggu, mereka meluncur menjauh. Orang-orang pada waktu itu mengira ular dihidupkan kembali oleh kekuatan penyembuhan Aesculapius, yang pada akhirnya menyebabkan mereka menjadi simbol penyembuhan.

Hygeia, putri Aesculapius dan dewi kesehatan, biasanya digambarkan dengan seekor ular di sekitar lengannya dan mangkuk di tangannya karena dia sering ke kuil yang berisi ular-ular ini. Sejak itulah telah memisahkan ular dan mangkuk dari Hygeia, dan ini telah menjadi simbol farmasi yang diakui secara internasional.

Sekarang mangkuk/gelas itu mewakili ramuan obat, dan ular itu mewakili penyembuhan. Penyembuhan dengan dunia kedokteran tetapi justru mengapa apotek mengadopsi simbol Bowl of Hygeia? APhA mengadopsi Bowl of Hygeia sebagai simbol untuk mewakili profesi farmasi pada tahun 1964.

Baca :  Sejarah Farmasi Rumah Sakit Pertama dan Apoteker Ahli Kimia Penemu Oksigen

Apa itu Bowl of Hygeia Award?

Bowl of Hygeia Award adalah penghargaan layanan masyarakat dan digambarkan oleh 10-13-inchi plakat mahoni, yang di atasnya dipasang pengecoran kuningan dari Bowl of Hygeia dengan pelat terukir yang berisi nama penerima, negara bagian / provinsi yang mempresentasikan penghargaan tersebut, dan tanggalnya.

Program yang diprakarsai oleh E. Claiborne Robins, yang saat itu menjadi presiden AH Robins Co. dan berlokasi di Richmond, Va. Robins adalah seorang apoteker. Dia sangat terlibat dalam kegiatan pelayanan masyarakat dan ingin menumbuhkan perasaan yang sama di antara apoteker di seluruh negara.

Pada tahun 1958, ia mengembangkan gagasan untuk Bowl of Hygeia Award untuk apoteker yang memiliki catatan kepemimpinan kewarganegaraan yang luar biasa di komunitas mereka sendiri.

The Bowl of Hygeia Award dipresentasikan untuk pertama kalinya pada 18 Februari 1958, selama Konvensi Tahunan Asosiasi Farmasi Iowa di Des Moines. Penerimanya adalah Richard M. Hofmann dari Ottumwa. Selain Iowa, Louisiana, Oregon, dan Rhode Island juga mempresentasikan Bowl of Hygeia Award pada tahun 1958.

Tahun berikutnya, asosiasi di 27 negara bagian lainnya dan District of Columbia membuat presentasi awal penghargaan mereka. Penghargaan tersebut telah dipresentasikan setiap tahun di setiap negara bagian, District of Columbia, dan Puerto Riko sejak tahun 1967, ketika New Pharmaceutical Pharmaceutical Association bergabung dalam program ini dan membuat presentasi pertamanya ke Donald “Don” Wernik.

Pada tahun 1961, program Bowl of Hygeia Award diperluas untuk mencakup Kanada ketika Asosiasi Farmasi Provinsi British Columbia memberikan penghargaan tersebut kepada George T. Cunning of Vancouver. Penghargaan ini telah dipresentasikan setiap tahun di masing-masing dari 10 provinsi Kanada sejak tahun 1967 ketika Prince Edward Island melakukan presentasi pertamanya.

Pada tahun 1989, American Home Products mengakuisisi A. H. Robins, dan Wyeth-Ayerst Laboratories menjadi sponsor penghargaan tersebut. Pada tahun 2002, untuk lebih mencerminkan warisannya, AHP mengubah namanya menjadi Wyeth dan Wyeth-Ayerst Laboratories menjadi Wyeth Pharmaceuticals.

Baca :  Panduan Swamedikasi Penyakit Ringan Untuk Masyarakat dan Apoteker

Bagaimana penerima award dipilih?

Setiap penerima penghargaan dipilih oleh asosiasi farmasi di negara bagian atau propinsi (dan District of Columbia dan Puerto Riko) dengan kriteria utama sebagai catatan pelayanan masyarakat dan kepemimpinan yang luar biasa. Panitia seleksi diminta untuk menggunakan kriteria berikut:

1. Penerima harus seorang apoteker, berlisensi di dalam yurisdiksi tempat pemberian penghargaan tersebut.

2. Penerima harus tinggal. Penghargaan tidak disajikan secara anumerta.

3. Penerima mungkin belum pernah menerima penghargaan tersebut.

4. Penerima mungkin tidak melayani saat ini, atau mungkin dia telah mengabdi selama dua tahun terakhir, di komite penghargaan atau sebagai petugas asosiasi selain kapasitas ex officio.

5. Penerima harus telah menyelesaikan catatan pelayanan masyarakat yang luar biasa, yang terlepas dari identifikasi spesifiknya sebagai apoteker, mencerminkan dengan baik profesi tersebut.

Secara historis, kebanyakan pemenang Bowl of Hygeia Award adalah pemilik farmasi komunitas yang memajukan standar farmasi. Selain melayani melalui asosiasi farmasi lokal, negara bagian, dan nasional mereka, penerima penghargaan telah mencurahkan waktu, bakat, dan sumber daya mereka untuk berbagai macam kepentingan.

Sebagian penerima mewakili komunitas masing-masing di legislatif negara bagian atau di kantor-kantor di seluruh negara bagian. Banyak yang menjabat sebagai walikota atau anggota badan pemerintahan mereka. Yang lain lagi telah mengisi posisi penting pada komite perencanaan untuk rumah sakit setempat, sekolah, dan organisasi lainnya.

Mereka telah memberikan kepemimpinan untuk dana drive dan proyek-proyek khusus yang tak terhitung jumlahnya dan telah berpartisipasi dalam pekerjaan organisasi pemuda, klub sipil, gereja, dan klub persaudaraan. Lebih aman untuk mengatakan bahwa selama bertahun-tahun, penerima Penghargaan Bowl of Hygeia telah mendapatkan penghargaan untuk hampir semua jenis layanan masyarakat.

Di sebagian besar negara bagian, nominasi untuk penghargaan tersebut dipersiapkan secara diam-diam. Seorang rekan sejawat atau kolega apoteker yang layak akan mencalonkan individu tersebut berdasarkan keterlibatan layanan masyarakatnya. Pemimpin yang terlibat dengan asosiasi negara bagian atau provinsi memilih pemenang dan tidak mengumumkan hasilnya sampai pertemuan asosiasi farmasi negara bagian atau provinsi – di mana Bowl of Hygeia Award dipresentasikan.

Baca :  Sejarah Penting Penemuan Pengobatan Kanker dari Ratusan Tahun Lalu Hingga Kini

Biasanya, keluarga pemenang penghargaan diundang diam-diam, dan peserta pertemuan yang aktif terlibat dalam pelayanan masyarakat menunggu dengan antisipasi untuk menemukan pemenang penghargaan bergengsi tersebut. Sebagai aturan, Bowl of Hygeia Award adalah penghargaan terakhir yang dipresentasikan di pertemuan asosiasi farmasi negara bagian atau provinsi, dan saat pemenang penghargaan diumumkan, anggota keluarga pemenang keluar untuk melihat orang yang mereka cintai menerima penghargaan tersebut.

Setiap asosiasi farmasi negara bagian atau provinsi menyajikan penghargaan dengan cara yang unik, dan proses seleksi dan presentasi yang disebutkan di atas tidak selalu mewakili proses yang digunakan di setiap lokasi.

Wyeth juga mensponsori presentasi master bowl of Hygeia Award plaque untuk masing-masing asosiasi farmasi negara. Plakat indah ini berisi casting kuningan dari Bowl of Hygeia, bersama dengan nama semua pemenang masa lalu di negara bagian, tempat asal mereka, dan tanggal presentasi penghargaan.

Tom Temple, eksekutif v.p. dan CEO Asosiasi Farmasi Iowa, mengembangkan gagasan tentang plakat master pada tahun 1992. Jacob W. Miller, sekarang sudah pensiun tapi kemudian asisten v.p. Hubungan profesional Wyeth-Ayerst, mendapat persetujuan dan mengembangkan desain plakat.

Setiap tahun, tujuh plakat negara telah dipresentasikan ke asosiasi farmasi negara yang berbeda, dan segera setiap asosiasi farmasi negara akan memiliki plakat masternya yang indah yang menampilkan penerima penghargaan Hybrid Award dari masa lalu negara tersebut.

Masa depan Bowl of Hygeia Award

Bowl of Hygeia Internship dimulai pada tahun 2002 dan ditawarkan kepada mahasiswa farmasi. Satu pemohon diterima untuk magang bergengsi ini dari kolam pemohon nasional. Wyeth dan APhA bersama-sama mensponsori magang musim panas 12 minggu ini untuk memberikan paparan terhadap berbagai peran dalam industri farmasi, keterpaparan terhadap asosiasi, dan kesempatan untuk melakukan penelitian historis mengenai Bowl of Hygeia Award yang bergengsi.

Segera, Wyeth akan mensponsori Bowl of Hygeia Leadership Series. Ini akan menjadi rangkaian ceramah tentang kepemimpinan di dalam masyarakat. Wyeth akan mengundang dua atau tiga pemenang terakhir Bowl of Hygeia Award untuk berbicara mengenai kepemimpinan masyarakat.

Lalu bagaimana di Indonesia?

Sumber : http://drugtopics.modernmedicine.com/drug-topics/content/history-bowl-hygeia-award

About Nasrul Wathoni

Nasrul Wathoni, Ph.D., Apt. Pada tahun 2004 lulus sebagai Sarjana Farmasi dari Universitas Padjadjaran. Gelar profesi apoteker didapat dari Universitas Padjadjaran dan Master Farmasetika dari Institut Teknologi Bandung. Gelar Ph.D. di bidang Farmasetika diperoleh dari Kumamoto University pada tahun 2017. Saat ini bekerja sebagai dosen dan peneliti di Departemen Farmasetika, Farmasi Unpad.

Check Also

Inilah Standar Gaji Tahun 2018 di Industri Farmasi dan Rumah Sakit di Indonesia

GudangIlmuFarmasi – Kelly Services Indonesia bekerjasama dengan PERSOL memberikan gambaran rinci tentang kekuatan domestik di tempat …