Home / Apoteker / 18 Buku Saku Asuhan Kefarmasian Penyakit Umum yang Wajib Diketahui Apoteker
ijpst
asuhan-kefarmasian
pic : www.farmaciacervello.com

18 Buku Saku Asuhan Kefarmasian Penyakit Umum yang Wajib Diketahui Apoteker

Buku Saku Pedoman Konseling Pelayanan Kefarmasian Di Sarana Kesehatan

Pelayanan kefarmasian semakin berkembang, tidak terbats hanya pada penyiapan obat dan penyerahan obat pada pasien, tetapi perlu melakukan interaksi dengan pasien dan profesional kesehatan lainnya, dengan melaksanakan pelayanan “Pharmaceutical Care” secara menyeluruh oleh tanaga farmasi. Konseling pasien merupakan salah satu bagian dari pelayanan farmasi.

Konseling adalah memberi nasehat kepada pasien atau sebagai upaya membantu pasien memecahkan masalah. Buku Pedoman Konseling Pelayanan Kefarmasian di Sarana Kesehatan ini merupakan pedoman untuk meningkatkan hasil terapi dengan mendorong penggunaan obat yang tepat. Konseling yang dilakukan apoteker merupakan komponen dari “Pharmaceutical Care” dan merupakan salah satu pelayanan farmasi klinik dalam usaha untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pasien serta pemecahan masalah yang dihadapi pasien dalam penggunaan obat.

Kegiatan konseling oleh apoteker yang dilaksanakan secara berkesinambungan akan meningkatkan kepercayaan pasien akan kebutuhan pelayanan kefarmasian di rumah sakit maupun komunitas. Diharapkan buku Pedoman Konseling Pelayanan Kefarmasian di Sarana Kesehatan ini dapat membantu para apoteker didalam menjalankan pelayanan “Pharmaceutical Care” secara menyeluruh.

Kembali ke daftar menu

Baca :  Apoteker Harus Tahu Cara Mencampur Obat Suntik dan Menangani Sediaan Sitostatika

About Nasrul Wathoni

Nasrul Wathoni, Ph.D., Apt. Pada tahun 2004 lulus sebagai Sarjana Farmasi dari Universitas Padjadjaran. Gelar profesi apoteker didapat dari Universitas Padjadjaran dan Master Farmasetika dari Institut Teknologi Bandung. Gelar Ph.D. di bidang Farmasetika diperoleh dari Kumamoto University pada tahun 2017. Saat ini bekerja sebagai dosen dan peneliti di Departemen Farmasetika, Farmasi Unpad.

Check Also

kriminalisasi

Strategi Menghadapi Kriminalisasi Praktik Apoteker

GudangIlmuFarmasi – RAKERNAS dan PIT IAI 2017 pada 6 September 2017 di INDONESIA CONVENTION EXHIBITION (ICE), …