Home / Apoteker / 18 Buku Saku Asuhan Kefarmasian Penyakit Umum yang Wajib Diketahui Apoteker
ijpst
asuhan-kefarmasian
pic : www.farmaciacervello.com

18 Buku Saku Asuhan Kefarmasian Penyakit Umum yang Wajib Diketahui Apoteker

Buku Saku Pharmaceutical Care Untuk Pasien Flu Burung

Flu Burung atau flu unggas (Avian Influenza) adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza yang ditularkan oleh unggas. Di Indonesia, virus influenza yang menyebabkan flu burung adalah virus influenza tipe A dari strain H5N1.

Penyakit flu burung termasuk penyakit yang sangat potensial membawa dampak penyebaran yang cepat dan mengancam jiwa masyarakat Indonesia, kemampuan penyebarannya bisa sangat cepat sehingga membutuhkan penanganan yang tepat dan segera.

Apoteker harus berperan aktif dalam penanganan penyakit-penyakit yang membutuhkan pengobatan segera maupun jangka panjang, memiliki prevalensi yang tinggi atau juga yang membahayakan jiwa. Peran serta tersebut didasari dengan pengetahuan yang dimiliki apoteker tentang patofisiologi penyakit; obat-obatan yang diperlukan, hal-hal yang harus dihindari oleh pasien/tenaga kesehatan serta hal-hal yang harus dipersiapkan oleh tenaga kesehatan termasuk apoteker dalam melaksanakan tugasnya.

Dalam memberikan bekal pengetahuan bagi apoteker yang dapat digunakan sebagai informasi tentang masalah terkait dengan flu burung, Direktorat Bina Farmasi Komunitas dan Klinik merasa perlu untuk membuat buku saku Pharmaceutical Care Untuk Pasien Flu Burung.

Dengan adanya buku saku Pharmaceutical Care Untuk Pasien Flu Burung ini, diharapkan apoteker dapat meningkatkan keterampilannya dalam rangka memberikan kontribusi dalam mencapai tujuan pengobatan pasien.

Kembali ke daftar menu

Baca :  Cara Re-Sertifikasi dan Penentuan Nilai Satuan Kredit Partisipasi Apoteker

About Nasrul Wathoni

Nasrul Wathoni, Ph.D., Apt. Pada tahun 2004 lulus sebagai Sarjana Farmasi dari Universitas Padjadjaran. Gelar profesi apoteker didapat dari Universitas Padjadjaran dan Master Farmasetika dari Institut Teknologi Bandung. Gelar Ph.D. di bidang Farmasetika diperoleh dari Kumamoto University pada tahun 2017. Saat ini bekerja sebagai dosen dan peneliti di Departemen Farmasetika, Farmasi Unpad.

Check Also

LAM-PTKes 2017-09-07 21-23-22

Daftar Program Studi Profesi Apoteker yang Terakreditasi Lam-PTKes

GudangIlmuFarmasi – Sebelumnya, Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi …