Farmakope Herbal Indonesia Jilid II Tahun 2017

GudangIlmuFarmasi – Farmakope Herbal Indonesia Edisi II Tahun 2017 merupakan buku standar di bidang Farmasi terutama untuk bahan baku obat tradisional berisi ketentuan umum, monografi simplisia, dan ekstrak yang memuat persyaratan mutu yang terdiri dari organoleptik, makroskopis, mikroskopis, kandungan kimia, serta lampiran dengan metode analisis termasuk prosedur dan peralatannya.

Seperti tertulis di kata pengantar buku ini, penggunaan obat bersumber dari alam di Indonesia merupakan bagian dari budaya dan telah dimanfaatkan oleh masyarakat sejak berabad-abda yang lalu. Namun demikian, secara umum kemanan dan manfaat atau khasiatnya terhadap kesehatan belum sepenuhnya didukung oleh hasil penelitian yang memadai. Mengingat hal tersebut dan menyadari bahwa Indonesia sebaga mega center tanaman obat dan bahan bersumber alam lainnya, maka perlu adanya suatu standar bahan-bahan terasebut untuk digunakan masyarakat dalam berbagai keperluan demi mencapai derajat kesehatan yang optimal.

Farmakope Herbal Edisi II berisi 253 monografi simplisia dan ekstrak yang terdiri dari 213 yang merupakan hasil revisi dari Farmakope Herbal Indonesia Edisi I dan Suplemennya serta 40 monografi berasal dari tumbuhan baru.

Diharapkan, dengan terbitnya Farmakope Herbal Indonesia Edisi II ini dapat menjadi standar mutu untuk berbagai kepentingan serta secara bertahap akan meningkatan kualitas produksi bahan baku untuk kepentungan industri obat tradisional sehingga mampu bersaing di dunia internasional. Buku ini ditujukan untuk dapat dimanfaatkan oleh praktisi, peneliti, dan akademisi, industri dan regulator.

Selengkapnya

About farset

Situs http://gudangilmu.farmasetika.com/ merupakan sebuah website tutorial yang berisi “Gudang Ilmu Farmasi” atau kumpulan tulisan maupun data (database) dan fakta terkait kefarmasian yang dikategorikan kedalam pengetahuan yang cenderung tidak berubah dengan perkembangan zaman.

Check Also

Daftar Pokok Bahasan, Masalah dan Keterampilan SKAI 2022

GudangIlmuFarmasi – Dihalaman ini menjelaskan Standar Kompetensi Apoteker Indonesia (SKAI) Tahun 2022 terkait Daftar Pokok …

%d bloggers like this: