Buku Panduan Praktis untuk Apoteker Menghadapi Pandemi COVID-19

GudangIlmuFarmasi – Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI) menerbitkan buku “Panduan Praktis untuk Apoteker Menghadapi Pandemi COVID-19” edisi April 2020.

Kata Pengantar

WABAH sejenis flu yang dilaporkan terjadi di Wuhan, China, pada 31 Desember dengan cepat telah menyebar ke seluruh dunia. Bahkan, hanya dalam tempo 10 minggu, pada 11 Maret 2020, penyakit akibat infeksi virus yang diduga berasal dari kelelawar itu oleh WHO dinyatakan sebagai pandemi.

Pada 11 Maret 2020 itu, Indonesia yang melaporkan kasus COVID-19—demikian penyakit pandemik itu disebut—telah mencatat 34 kasus, dua di antaranya meninggal, walau salah satunya baru dikonfirmasi pada 13 Maret. Dan, ketika bagian tulisan ini dikerjakan, 20 Maret, jumlah kasus telah mencapai 369, dengan 32 pasien meninggal. Sementara itu, di Italia, negeri Eropa kaya yang mencatat kasus pertamanya pada 31 Januari 2020, jumlah pasien yang meninggal akibat COVID-19 sudah melebihi China.

Kita berpacu dengan waktu. Maka, agar kita, Apoteker Indonesia, dapat melakukan sesuatu dengan lebih terarah, PP IAI menerbitkan buku kecil bertajuk “Panduan Praktis Apoteker untuk Menghadapi Pandemi COVID-19” ini.

Panduan dibagi menjadi 5 Bab—dan dilengkapi dengan catatan kaki dan Daftar Pustaka bagi para sejawat yang ingin informasi lebih dalam—dengan sistematika sebagai berikut:

■ Bab 1. Indonesia di Tengah Pandemi COVID-19. Bab pembuka ini menyajikan latar belakang terjadinya pandemi COVID-19; bagaimana karakteristik penyebabnya, virus Covid-19; apa yang dilakukan negara terdampak untuk menanggulanginya; dan apa langkah yang dipilih Indonesia.

■ Bab 2. COVID-19: Karakteristik Epidemiologis dan Klinis. Bab ini mengupas tentang bagaimana cara dan jalur penularan COVID-19, siapa penularnya dan siapa saja yang rentan tertular, apa tanda-tanda seseorang terkena COVID-19.

Baca :  BPOM : Informasi Produk Klorokuin dan Penggunaannya untuk Pasien COVID-19 di Rumah Sakit

■ Bab 3. Tatalaksana Terapi COVID-19. Pada bab ini ditelaah tatalaksana COVID-19, penyakit akibat infeksi virus Covid-19, baik terapi farmakologis maupun terapi non-farmakologis.

■ Bab 4. Pencegahan dan Pengendalian COVID-19. Pada bab ini ditelaah tatalaksana COVID-19, penyakit akibat infeksi virus Covid-19, baik terapi farmakologis maupun terapi non-farmakologis.

■ Bab 5. Komunikasi, Informasi, dan Edukasi. Bab ini menampilkan apa dan mengapa COVID-19 dan penyebabnya, virus Covid-19—disampaikan dalam bentuk tanya-jawab terhadap FAQ.

■ Daftar Pustaka. Bagian ini menampilkan daftar dari pustaka yang digunakan, sehingga bagi mereka yang ingin tahu lebih dalam, dapat memperoleh bahan yang cukup lengkap. Beberapa rujukan ditampilkan sebagai catatan kaki.

Selengkapnya :

About farset

Situs http://gudangilmu.farmasetika.com/ merupakan sebuah website tutorial yang berisi “Gudang Ilmu Farmasi” atau kumpulan tulisan maupun data (database) dan fakta terkait kefarmasian yang dikategorikan kedalam pengetahuan yang cenderung tidak berubah dengan perkembangan zaman.

Check Also

Kerangka Aksi WHO untuk Keamanan Pangan di Wilayah Asia Tenggara

GudangIlmuFarmasi – Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada Mei 2020, merilis pedoman Kerangka Aksi/Kerja untuk Keamanan …

%d bloggers like this: