Buku Saku Obat Tradisional untuk Daya Tahan Tubuh

GudangIlmuFarmasi – Obat Tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik) atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan, dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Pembuktian Khasiat
Data Empiris : Penggunaan turun-temurun oleh masyarakat
Data Ilmiah : Data uji in-vitro (skala laboratorium), in-vivo (uji ke hewan coba/ uji praklinik) dan uji klinik (uji ke manusia)

Tahukah Anda Bahwa Obat Tradisional itu Di kelompokan Berdasarkan Pembuktiannnya ?
Jamu:
Obat Herbal Terstandar
Fitofarmaka

Dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan uji praklinik /uji in-vivo dan bahan bakunya telah distandardisasi. Dibuktikan keamanan dan khasiatnya dengan data empiris.

Dibuktikan keamanan dan khasiatnya secara ilmiah dengan
uji praklinik dan uji klinik serta bahan baku dan produk jadinya telah distandardisasi.

Klaim Khasiat Apa yang Di perbolehkan?

Jamu dan Obat Herbal Terstandar

Untuk pemeliharaan kesehatan secara tradisional (traditional health use) dan/atau pengobatan tradisional (traditional treatment) untuk gangguan kesehatan terbatas.

Fitofarmaka:
Untuk pengobatan terbukti secara ilmiah (scientifically established treatment) sampai ke klaim khasiat

Sistem daya tahan tubuh adalah sistem kompleks yang terintegrasi dari sel, jaringan, organ, dan mediator terlarut yang terlibat dalam mempertahankan tubuh terhadap serangan asing yang mengancam integritasnya.

Tubuh memiliki sistem kekebalan yang kompleks yang terintegrasi dari sel, jaringan, organ, dan mediator terlarut yang terlibat dalam mempertahankan tubuh terhadap serangan asing yang mengancam integritasnya. Sistem daya tahan tubuh terdiri dari kekebalan alami (innate immune) dan kekebalan adaptif (adaptive immune). Aktivasi sistem kekebalan alami melibatkan sel-sel pembunuh alami (natural killer cell) yaitu neutrofil (leukosit) yang sering dikenal sebagai makrofag, sedangkan sistem kekebalan adaptif melibatkan limfosit (T & B) dengan menghasilkan antibodi sebagai respon imun. Pada kondisi tubuh yang baik, reaksi imun alami dan reaksi imun adaptif bekerja untuk mempertahankan kekebalan tubuh.

Baca :  Pedoman Penyusunan Rencana Kebutuhan Obat dan Pengendalian Persediaan Obat di Rumah Sakit

Sebelum obat tradisional dapat dinyatakan berkhasiat untuk daya tahan tubuh, idealnya tidak sebatas dibuktikan berdasarkan pengalaman empiris. Beberapa tumbuhan obat telah dilakukan penelitian ilmiah, namun masih terbatas dalam skala laboratorium (uji in-vitro) dan/atau uji ke hewan coba (uji in-vivo) serta masih terbatasnya data uji ke manusia (uji klinik).

Namun demikian, obat tradisional tersebut masih dimungkinkan untuk
dimanfaatkan dalam kaitan khasiatnya untuk membantu memelihara daya tahan tubuh. Beberapa obat tradisional yang secara empiris telah lama dimanfaatkan dan dinyatakan aman, dapat dimanfaatkan dengan kriteria bahwa tumbuhan obat tersebut didukung oleh data ilmiah yang mendukung pembuktian untuk daya tahan tubuh.

Selengkapnya

About farset

Situs http://gudangilmu.farmasetika.com/ merupakan sebuah website tutorial yang berisi “Gudang Ilmu Farmasi” atau kumpulan tulisan maupun data (database) dan fakta terkait kefarmasian yang dikategorikan kedalam pengetahuan yang cenderung tidak berubah dengan perkembangan zaman.

Check Also

Buku Saku Suplemen Zink untuk Memelihara Kesehatan Daya Tahan Tubuh dalam Menghadapi COVID-19

GudangIlmuFarmasi – Zink (Zn) adalah salah satu trace mineral atau mikronutrisi dari zat anorganik yang …

%d bloggers like this: