Home / Apoteker / Daftar Istilah Umum Kefarmasian dari A-Z yang digunakan Sehari-hari
gudang-ilmu-farmasetika-logo

Daftar Istilah Umum Kefarmasian dari A-Z yang digunakan Sehari-hari

Untuk memudahkan bagi para apoteker agar mengingat kembali pengertian kata-kata yang sering muncul selama bekerja, baik di bidang farmasi klinik dan komunitas, distribusi, industri farmasi, kosmetik, dan tradisional. Termasuk beberapa singkatan juga tercantum di  “Daftar Istilah Umum Kefarmasian dari A-Z yang digunakan Sehari-hari

| A-C | D-F | G-I | J-L | M-O | P-R | S-U |V-Z |

V

Vena/venen Pembuluh darah yang kadar oksigen rendah dibanding dengan arteria.
Vermifuga Peluruh cacing.
Vertigo Sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh atau lingkungan sekitarnya, dapat disertai gejala lain, terutama dari jaringan otonomik akibat gangguan alat keseimbangan tubuh. Vertigo (sering juga disebut pusing berputar, atau pusing tujuh keliling) adalah kondisi di mana seseorang merasa pusing disertai berputar atau lingkungan terasa berputar walaupun badan orang tersebut sedang tidak bergerak.
Villus=villi Tonjolan-tonjolan di lapisan chorion yang berhadapan berkontak dengan dinding rahim.
Virus Makhluk hidup yang terkecil, yang tidak dapat dilihat dengan mikroskop biasa, tetapi harus menggunakan mikroskop elektron. Tidak seperti bakteri/protozoa makluk ini tidak dapat digolongkan kedalam kelompok tumbuhan maupun hewan.
Vital Hidup, diperlukan untuk hidup.
Vitamin sekelompok senyawa organik amina berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme,yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Vitamin memiliki peranan spesifik di dalam tubuh dan dapat pula memberikan manfaat kesehatan.

W

WBC (white blood cell count) darah putih per unit volume darah
Wasir ambeien (dalam bahasa Inggris atau Latin disebut Hemorrhoid dan dalam bahasa kedokteran disebut Piles) adalah penyakit atau gangguan pada anus dimana Sphinchter Ani atau bibir anus, mengalami pembengkakan yang kadang-kadang disertai pendarahan.
Water activity dikembangkan untuk menjelaskan intensitas air yang berasosiasi dengan berbagaikonstituen non-air dan padatan.
Waterprofing sifat objek yang tidak terpengaruh oleh air, atau bersifat menolak air untuk mengalir melaluinya
Wekamin obat yang digunakan khusus terhadap stimulasi sentral dan efek menekan rasa lapar.
Wetting agent zat kimia yang meningkatkan sifat menyebar dan menembus cairan dengan cara menurunkan tegangan permukaan.
Winter green oil produk alami dari banyak spesies tanaman.
Wuchereria bancrofti Cacing Filaria adalah kelas dari anggota hewan tak bertulang belakang yang termasuk dalam filumNemathelminths.
X-ray salah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang berkisar antara 10 nanometer ke 100 pikometer (mirip dengan frekuensi dalam jangka 30 PHzto 60 EHz).
XTC Kelompok obat-obatan yang efeknya “membebaskan jiwa” (halusinogen) dengan terjadinya berturut-turut desorientasi,pearasaan senang dan nyaman yang bertahan kurang kebih 4 jam.
Baca :  Strategi Menghadapi Kriminalisasi Praktik Apoteker

X

Xantelasma Kumpulan kolesetrol di bawah kulit dengan batas tegas berwarna kekuningan biasanya di sekitar mata
Xanthan Gum Polisakarida dengan bobot molekul tinggi hasil fermentasi karbohidrat oleh xanthomonas campestris yang dimurnikan, dikeringkan dan digiling untuk pemanfaatannya lebih lanjut
Xanthone Substansi kimia alami yang berasal dari isolasi pada kulit buah manggis yang efektif melawan kanker payudara secara in-vitro.
Xantin Alkaloid Zat utama pada tanaman yang secara kimia berhubungan pada xantin dengan kerja sebagai stimulant system saraf pusat,relaksan otot polos dan diuretic.
Xantofil hidrokarbon tak jenuh turunan likopen atau turunan likopen teroksigenesi yang umum terdapat berupa monohidroksikaroten.
Xantoma Tumor yang mengandung sel-sel berbusa berisi leka,merupakan histiosit yang mengandung material lipid sitoplasma.
Xeroderma pigmentosum suatu kondisi genetik yang membuat kulitnya sulit sekali untuk sembuh dari efek sinar UV.
Xeroftalmia keadaan bila orang mengalami kekurangan vitamin A,mula-mula konjungtiva mengalami keratinasi,kemudian korneanya juga terpengaruh.Bila tidak diobati,mata akan menjadi buta.
Xerosis Penyakit yang menyebabkan kekeringan pada kulit tubuh.
Xilosa suatu gula pentosa, monosakarida dengan lima atom karbon dan memiliki gugusaldehida. Gula ini diperoleh dengan menguraikan jerami atau serat nabati lainnya dengan cara memasaknya dengan asam sulfat.
Ximelagaran Produk yang diubah dalam hati menjadi melatagran aktif.
Xylene hidrokarbon aromatik yang terdiri dari benzen yang berikatan dengan dua metal
Xylit Pemanis golongan Pentanpentanol yang sama manisnya dengan gula.
Xylosa test Metoda pemeriksaan permeabilitas usus dengan menggunakan laktulosa-maruitol dalam studi Minis menggambarkan perubahan yang sangat kecil dari permeabilitas usus.

Y

Yohimbin Suatu alkaloid yang berasal dari alam dan berhasiat sebagai stimulansia

Z

Zat inisiator Zat yang dapat membentuk tumorbila dibantu zat promoter
Zat promoter Zat yang bersifat mengikat DNA (mutagen), tapi dapat menstimulasi sel yang telah terinisiasi menjadi sel tumor.
Zat tambahan zat yang ditambahkan pada suatu sediaan untuk mempertinggi kegunaan, kemantapan, keawetan, dan sebagai zat warna, dimana dalam jumlah yang digunakan tidak membahayakan, tidak mengganggu, dan tidak mengurangi khasiat obat, tidak boleh mengganggu pemeriksaan penetapan kadar.

About Nasrul Wathoni

Nasrul Wathoni, Ph.D., Apt. Pada tahun 2004 lulus sebagai Sarjana Farmasi dari Universitas Padjadjaran. Gelar profesi apoteker didapat dari Universitas Padjadjaran dan Master Farmasetika dari Institut Teknologi Bandung. Gelar Ph.D. di bidang Farmasetika diperoleh dari Kumamoto University pada tahun 2017. Saat ini bekerja sebagai dosen dan peneliti di Departemen Farmasetika, Farmasi Unpad.

Check Also

Tata Cara Legalisir Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA) Terbaru

GudangIlmuFarmasi – Ketua Komite Farmasi Nasional (KFN), Drs. Purwadi, MM, ME, Apt., mengirimkan surat edaran …