Home / Apoteker / Daftar Istilah Umum Kefarmasian dari A-Z yang digunakan Sehari-hari
gudang-ilmu-farmasetika-logo

Daftar Istilah Umum Kefarmasian dari A-Z yang digunakan Sehari-hari

Untuk memudahkan bagi para apoteker agar mengingat kembali pengertian kata-kata yang sering muncul selama bekerja, baik di bidang farmasi klinik dan komunitas, distribusi, industri farmasi, kosmetik, dan tradisional. Termasuk beberapa singkatan juga tercantum di  “Daftar Istilah Umum Kefarmasian dari A-Z yang digunakan Sehari-hari

| A-C | D-F | G-I | J-L | M-O | P-R | S-U |V-Z |

D

D5W Larutan dekstrosa 5% dalam air.
DNA (Deoxyribonucleic acid) Asam deoksiribonukleat yaitu asam nukleat yang mengandung informasi genetik yang berguna untuk perkembangan semua makhluk hidup.
DOTS (Directly Observed Treatment Shortcourse) Strategi yang digunakan dalam pengendalian atau penanggulangan penyakit TB melalui peningkatan diagnosis TB dengan pemeriksaan dahak secara mikroskopis, pengobatan dengan Pengawasan Menelan Obat (PMO), kesinambungan persediaan obat anti TB jangka pendek dengan mutu terjamin serta pencatatan dan pelaporan secara baku untuk memudahkan pemantauan dan evaluasi program penanggulangan TB.
Deionisasi Menghapus ion terlarut dari larutan dengan melewatkan larutan melalui unggun resin pertukaran ion, terdiri dari manik-manik polimer bahwa ion hidrogen pertukaran kation dan ion hidroksil dalam larutan untuk anion. Kotoran ionik tetap terikat pada resin dan hidrogen dan ion hidroksil menggabungkan dengan satu sama lain untuk membentuk air.
Delirium Berubahnya kesadaran secara patologis diikiuti amnesia,disorientasi,bingung,delusi. Halusinasi, ide gila diikuti gejala fisik ikutan seperti tremor,demam dan berkeringat.
Demensia penurunan fungsi mental.
Depersonalisasi Perubahan persepsi diri sendiri sehingga sensasi terhadap suatu kenyataan menjadi hilang atau berubah untuk sementara; merupakan manifestasi neurosis atau penyakit jiwa yang lain atau juga dapat dalam bentuk ringan pada orang yang normal.
Depresi Gangguan jiwa yang ditandai rasa yang abnormal
Depuratif pembersih darah
Depyrogenation Penghapusan atau perusakan endotoksin.
Dermatitis Radang kulit
Desinfeksi Sebuah proses yang mengurangi zat mencemari ke tingkat penerimaan yang ditetapkan.
Desinfektan Antiseptik obat yang dapat mencegah infeksi dan mencegah perkembangan organisme tanpa mematikan organisme.
Diaforesis Keringat berlebihan yang tidak wajar, mungkin disebabkan oleh syok atau kondisi medik lain.
Diaforetika memperbanyak keluarnya keringat / peluruh keringat.
Digestiva merangsang sistem pencernaan.
Dilator melebarkan pembuluh darah.
Dismenorrhoe untuk mengobati nyeri haid.
Dispepsia Berkurangnya daya atau fungsi pencernaan, biasanya ditunjukkan dengan perasaan tidak nyaman pada epigastrum setelah makan.
Diuretik obat untuk meningkatkan ekskresi urin atau jumlah urin.
Dong quai Nama lain untuk Angelica sinensis atau ginseng betina yaitu tanaman dari Cina yang digunakan untuk mengobati gangguan ginekologi, anemia ringan dan hipertensi.
Dyspnea Pernapasan yang sukar atau sesak
Baca :  Digital Revolution : Digitalization Pharmacy in Distribution

E

Ear drops obat tetes telinga
Edema berarti meningkatnya volume cairan di luar sel (ekstraseluler) dan di luar pembuluh darah (ekstravaskular) disertai dengan penimbunan di jaringan serosa.
Eksoenzim enzim yang aktivitasnya di luar sel.
Eksositosis mekanisme transpor molekul besar seperti protein danpolisakarida, melintasi membran plasma dari dalam ke luar sel (sekresi) dengan cara menggabungkan veskula berisi molekul tersebut dengan membran plasma.
Ekstrak sediaan kering, kental atau cair dibuat dengan menyari simplisia nabati atau hewani menurut cara yang cocok, di luar pengaruh cahaya matahari langsung.
Eksudasi keluarnya cairan dari jaringan atau kapiler karena luka atau inflamasi.
Eliksir larutan yang mempunyai rasa dan bau sedap, mengandung selain obat, jug azat tambahan seperti gula dan atau zat pemanis lainnya, zat warna, zat wewangi dan zat pengawet; digunakan sebagai obat dalam.
Emetik obat muntah.
Emfisema Penimbunan udara dalam jaringan
Emulsi sediaan yang mengandung bahan obat cair atau larutan obat, terdispersi dalam cairan pembawa, distabilkan dengan zat pengemulsi atau surfaktan yang cocok.
Enantiomer salah satu dari pasangan molekul yang merupakan isomer bayangan cermin satu sama lain
Endoenzim enzim yang aktivitasnya didalam sel.
Endokrin sistem kontrol kelenjar tanpa saluran (ductless) yang menghasilkan hormon yang tersirkulasi di tubuh melalui aliran darah untuk memengaruhi organ-organ lain.
Endometriosis Adanya jaringan endometrium pada lokasi abnormal
Endometrium lapisan dalam uterus yang sangat kaya akan pembuluh darah.
Ensefalitis Radang otak
Enteral saluran pencernaan.
Enterobacter bakteri
Enzim konstitutif enzim yang dibentuk terus-menerus oleh sel tanpa peduli apakah substratnya ada atau tidak.
Epithema obat kompres kulit (obat topikal).
Erythema Warna merah pada kulit yang disebabkan vasodilatasi dan otot, nefritis, perikarditis, dan berbagai perubahan kulit biasanya mematikan.
Esofagus saluran yang menyalurkan makanan melalui gaya peristaltik dari faring ke lambung.
Esterase enzim-enzim yang memecah golongan ester.
Estrogen sekelompok senyawa steroid yang berfungsi terutama sebagai hormon seks wanita.
Eye drops obat tetes mata.
FUTP(fluorouridine triphosphate) Salah satu bentuk metabolit fluorourasil.
Baca :  5 Hal yang Harus Diketahui Tentang Keamanan Obat "Pharmacovigilance"

F

Fagositosis suatu proses perlindungan tubuh dengan cara mengelilingi benda asing lalu ditelan dan dihancurkan.
Farmakodinamik ilmu yang mempelajari cara kerja obat, efek obat terhadap fungsi berbagai organ dan pengaruh obat terhadap reaksi biokimia dan struktur obat. Secara singkat artinya pengaruh obat terhadap sel hidup.
Farmakogenetik cabang ilmu farmakologi klinik yang mempelajari perubahan respon terhadap obat yang disebabkan oleh faktor genetik.
Farmakognosi ilmu farmasi yang menyangkut cara pengenalan tanaman dan bahan-bahan lain sebagai sumber obat dari alam.
Farmakokine ilmu yang mempelajari absorbsi, ditribusi, metabolisme (biotransformasi), dan ekskresi obat (ADME). Secara singkat artinya tentang pengaruh tubuh terhadap obat.
Farmakoterapi ilmu yang mempelajari penggunaan obat untuk menyembuhkan penyakit.
Fatigue Keadaan meningkatnya ketidaknyamanan dan menurunnya efisiensi akibat pekerjaan yang berkepanjangan atau berlebihan; kehilangan tenaga atau kemampuan menjawab rangsangan.
FdUMP5-fluorodeoxyuridin monophosphate Salah satu bentuk metabolit fluorourasil.
Fermentasi Suatu proses biokimia di mana substan organik, terutama karbohidrat ditata ulang oleh enzim-enzim untuk menyediakan energi kimia.
Feses bahan-bahan yang tidak berguna lagi bagi tubuh, dikeluarkan melalui anus
Fetometri pengukuran fetus, khususnya diameter kepalanya.
Fetus keturunan yang belum dilahirkan dari setiap hewan vivipar, khususnya keturunan belum lahir pada masa pasca embrionik setelah struktur mayor yang terbentuk, pada manusia berkisar dari tujuh hingga delapan minggu setelah fertilisasi sampai kelahiran.
Filter proses penyaringan untuk memisahkan antara suatu senyawa dengan senyawa lain.
First –Pass – Effect metabolisme secara cepat dari obat – obat yang diberikan secara oral sebelum mencapai sirkulasi umum
Fisiologi Ilmu faal; cabang biologi yang berkaitan dengan fungsi dan kegiatan kehidupan atau zat hidup (sel, jaringan dan organ).
Flatulensi Terbentuknya banyak gas dalam usus
Flebitis radang pembuluh vena.
Fotofobia intoleransi visual yang abnormal terhadap cahaya
Fotosensitasi efek kepekaan yang berlebihan terhadap cahaya yang timbul akibat penggunaan obat.
Funduskopi tindakan memeriksa dasar bola mata.

About Nasrul Wathoni

Nasrul Wathoni, Ph.D., Apt. Pada tahun 2004 lulus sebagai Sarjana Farmasi dari Universitas Padjadjaran. Gelar profesi apoteker didapat dari Universitas Padjadjaran dan Master Farmasetika dari Institut Teknologi Bandung. Gelar Ph.D. di bidang Farmasetika diperoleh dari Kumamoto University pada tahun 2017. Saat ini bekerja sebagai dosen dan peneliti di Departemen Farmasetika, Farmasi Unpad.

Check Also

Kini Pengajuan SIPA/SIKA Melalui STRA Online Terintegrasi

GudangIlmuFarmasi – Setelah sukses dengan sistem full online aplikasi pengajuan Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA) …