Home / Apoteker / Daftar Istilah Umum Kefarmasian dari A-Z yang digunakan Sehari-hari
gudang-ilmu-farmasetika-logo

Daftar Istilah Umum Kefarmasian dari A-Z yang digunakan Sehari-hari

Untuk memudahkan bagi para apoteker agar mengingat kembali pengertian kata-kata yang sering muncul selama bekerja, baik di bidang farmasi klinik dan komunitas, distribusi, industri farmasi, kosmetik, dan tradisional. Termasuk beberapa singkatan juga tercantum di  “Daftar Istilah Umum Kefarmasian dari A-Z yang digunakan Sehari-hari

| A-C | D-F | G-I | J-L | M-O | P-R | S-U |V-Z |

P

Pansitipenia Depresi semua sel darah secara abnormal
Paralisis Kehilangan atau gangguan fungsi motorik pada suatu bagian akibat lesi pada mekanisme saraf atau otot
Paranoia Proses gangguan pikiran yang ditandai dengan rasa takut atau khawatir yang berlebihan.
Parasimpatolitik pelawan efek perangsang saraf parasimpatik.
Parathesia Perasaan sakit atau tidak nyaman, abnormal seperti kesemutan, rasa terbakar atau berkeringat.
Parkinson penyakit dengan ciri–ciri tremor (getar) pada tangan dan kaki.
Pasivasi Sebuah kimia proses pengobatan / pembersihan akhir yang menghilangkan besi eksogen atau senyawa besi dari permukaan pipa stainless steel dan peralatan dengan menggunakan suatu oksidan ringan, seperti larutan asam nitrat, atau dengan “in-situ electropolishing. Tujuan passivasi adalah untuk memulihkan dan / atau meningkatkan pembentukan spontan dari permukaan kimia inert atau film pasif protektif.
Pasteurisasi Pemanasan susu, anggur, jus buah, dll, selama sekitar tiga puluh menit pada 68 ° C (154,4 ° F) dimana bakteri hidup hancur, tetapi rasa atau buket yang diawetkan, spora tidak akan terpengaruh, tetapi tetap dari berkembang dengan segera pendingin cair untuk 10 ° C (50 ° F) atau lebih rendah.
Patogen Setiap sel eukariotik mengandung mikrobiologi atau informasi genetik yang cukup, yang setelah ekspresi informasi tersebut mampu menghasilkan penyakit pada orang sehat, tanaman, atau hewan.
Pemerian Deskripsi
Penyakit Kawasaki Penyakit yang menyerang anak-anak, pertama kali terjadi di Jepang tetapi sekarang sudah tersebar di seluruh dunia. Bagian tubuh yang dipengaruhi adalah limfa node, kulit, arteri koroner jantung. Penyakit ini diawali dengan demam, rasa capek dan terkadang nyeri pada lambung. Kemudian terjadi ruam dan beberapa hari kemudian terjadi konjungtivitas, dan perubahan membran mukosa menjadi merah, lidah merah dan kering. Kelenjar limfa di leher membesar.
Penyalur Alat Kesehatan (PAK) perusahaan berbentuk badan hukum yang memiliki izin untuk pengadaan, penyimpanan, penyaluran alat kesehatan dalam jumlah besar sesuai ketentuan perundang-undangan.
Pharmacy rumah obat, apotek, apotik.
Placebo Zat inert atau tidak berbahaya yang digunakan dalam eksperimen terkontrol menguji kemanjuran zat lain.
Pneumococcus Diplococcus pneumoniae, bakteri berbentuk lonjong, berambut, gram positif, penyebab bronkitis, otitis media, meningitis,keratitis, konjungtivitis
Pneumonia Radang paru
Poliuria Meningkatnya jumlah urin karena penyakit
Porfiria Kelompok gangguan metabolisme porfirin yang ditandai dengan peningkatan pembentukan dan ekskresi senyawa porfirin atau prekursor. Gejala yang timbul adalah sakit perut, yang mungkin parah dan gangguan gastrointestinal seperti mual, muntah, diare atau konstipasi, peningkatan tekanan darah, denyut jantung, rasa lelah pada otot,sensitif terhadap cahaya, bentol pada kulit dan rasa gatal, warna urin berubah menjadi karena ekskresi porfirin dan gangguan mental seperti depresi.
Posisi Trendelenburg Posisi berbaring pada tempat yang datar, dimana posisi kepala lebih rendah daripada pelvis.Posisi ini adalah posisi standar untuk pembedahan abdominal atau ginekologi.
Post partum Setelah kelahiran
Proliferasi Bertumbuh membelah dengan cepat
Proteinuria Adanya protein dalam urin
Pruritus Gatal pada kulit yang menyebabkan timbul keinginan untuk menggaruknya. Rasa gatal ini bisa disebabkan oleh kulit yang kering sampai kemungkinan adanya kanker.
Psikofarmaka obat yang bekerja pada fungsi psikologis dan status kejiwaan.
Psikosis Penyakit pikiran kejiwaan
Psoriasis Jaringan kulit yang bersisik
QRS complex struktur yang berhubungan dengan depolarisasi jantung pada elektrokardiogran
Baca :  Sumber Sebenarnya dari WHO Terkait Konsep Seven-Star Pharmacist

Q

Qinghaosu tanaman artemisia annua yang ekstraknya merupakan senyawa trioksin pada obat artemisinin
Qs secukupnya
Quazepam derivat obat benzodiazepin
Quercetin senyawa flavon yang terdapat dibanyak di sayuran dan buah-buahan, sumber terpenting adalah teh,bawangm buah apel, dan anggur merah.
Questran adalah obat yang menyerap asam empedu dalam usus.
Quinine suatu derivat alkaloid dari kulit pohon cinchona

R

RA (Rheumatoid Arthritis) Artitis Rematik
Rabies Penyakit akut yang disebabkan oleh virus pada sistem saraf pusat yang mempengaruhi seluruh hewan berdarah dingin dan biasanya ditularkan ke manusia melalui gigitan anjing yang terinfeksi.
Radiasi Energi dalam bentuk gelombang atau partikel, terutama radiasi elektromagnetik.
Rash (Ruam) Perubahan pada kulit, meliputi perubahan warna dan teksture.
Recipe Mengambil; digunakan sebagai kepala resep, dinyatakan dengan symbol R. 2. Formula untuk menyediakan kombinasi bahan-bahan khusus.
Recovery Pemulihan
Redistribution fat Kondisi medis yang ditandai dengan kehilangan lemak (atau terkadang penambahan lemak), umumnya di dagu atau wajah.
Regimen Pengaturan cara hidup dan makan bagi orang sakit
Rekristalisasi Proses pembentukan Kristal agar didapatkan yang lebih murni.
Rektum Bagian dari tubuh yang berfungsi untuk pengeluaran sisa metabolsme
Relaksan Otot Perifer obat yang dapat menyebabkan kelumpuhan pada otot rangka
Renal Ginjal
Resep Surat yang berisi permintaan dari dokter yang berisi obat untuk pasien
Reseptor Tempat obat berikatan dalam tubuh
Resisten Situasi di mana obat tidak lagi memberikan efek terapi
Retensi Tindakan atau proses menahan dalam hal kepemilikan, atau menahan pada posisi atau tempat tertentu; penyimpanan persisten dari materi yang seharusnya dibuang dalam badan.
Retikulositosis Kondisi di mana terjadi peningkatan retikulosit. Kondisi ini umum terlihat pada anemia. Retikulosit adalah sel darah merah yang belum matang yang biasanya timbul saat terjadi regenerasi sel darah merah yang rusak.
Retinoskopi pengamatan pupil menggunakan lampu yang cahayanya diproyeksikan ke dalam mata, untuk menentukan kelainan refraksi.
Rhinitis Radang hidung atau pilek
Rigidity Nuchal Kekakuan pada tengkuk atau tulang belakang
Riketsia Gangguan dalam perkembangan dan mineralisasi lempeng pertanamab tulang yang disebabkan oleh sejumlah efek dalam vitamin D, kalsium, dan fosfor, termasuk defisiensi atau malabsorpsi dietetic, gangguan primer tulang, seta kelainan metabolik dan hormon yang diturunkan atau didapat
Rilis Pelepasan agen mikrobiologi layak atau sel eukariotik yang tidak mengakibatkan pembentukan penyakit pada orang sehat, tanaman, atau hewan; atau proliferasi tidak terkendali dari setiap agen mikrobiologi atau sel-sel eukariotik.
Ruam Kelainan kulit yang mempunyai sifat tertentu

About Nasrul Wathoni

Nasrul Wathoni, Ph.D., Apt. Pada tahun 2004 lulus sebagai Sarjana Farmasi dari Universitas Padjadjaran. Gelar profesi apoteker didapat dari Universitas Padjadjaran dan Master Farmasetika dari Institut Teknologi Bandung. Gelar Ph.D. di bidang Farmasetika diperoleh dari Kumamoto University pada tahun 2017. Saat ini bekerja sebagai dosen dan peneliti di Departemen Farmasetika, Farmasi Unpad.

Check Also

Tata Cara Legalisir Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA) Terbaru

GudangIlmuFarmasi – Ketua Komite Farmasi Nasional (KFN), Drs. Purwadi, MM, ME, Apt., mengirimkan surat edaran …