Home / Pedoman Kefarmasian Digital / Yuk Mari Download, Simpan, dan Baca Farmakope Edisi V versi E-Book (Online)
ijpst
farmakope edisi v - Penelusuran Google 2017-07-24 21-49-21

Yuk Mari Download, Simpan, dan Baca Farmakope Edisi V versi E-Book (Online)

GudangIlmuFarmasi – Farmakope Indonesia Edisi V ditetapkan sebagai standar mutu obat di Indonesia oleh Menteri Kesehatan RI melalui Keputusan Menteri Kesehatan RI tentang Pemberlakuan Farmakope Indonesia Edisi V.

Menurut Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Dra. Maura Linda Sitanggang, Ph.D, Ilmu pengetahuan dan teknologi bidang farmasi khususnya dalam hal standardisasi, metode, dan prosedur analisis sediaan jadi obat serta bahan baku obat terus berkembang, sesuai dengan tuntutan masyarakat yang semakin tinggi untuk mendapatkan produk obat yang berkulaitas. Memperhatikan hal tersebut, maka diterbitkan Farmakope Indonesia Edisi V (FI V) sebagai persyaratan mutu bahan baku dan sediaan jadi obat yang beredar di Indonesia.

FI V berisi ketentuan umum, monografi sediaan umum serta monografi bahan baku dan sediaan jadi. Di samping itu, terdapat lampiran yang merupakan informasi dan penjelasan dari metode analisis dan prosedur pengujian yang terdapat di dalam monografi mencakup pengujian dan penetapan secara umum, mikrobiolohi, biologi, kimia dan fisika.

Penyusunan FI V ini dilakukan oleh Panitia Penyusun FI V yang dibentuk oleh Menteri Kesehatan RI, dan terdiri dari pakar dan ahli dalam berbagai bidang keahlian, terutama di bidang farmasetika, farmakokinetik, biofarmasi, biologi, mikrobiologi, kimia farmasi, tata nama dan perundang-undangan. Pakar dan ahli tersebut berasal dari berbagai institusi pemerintah dan swasta.

Dengan diterbitkannya FI V ini, diharapkan mutu bahan baku dapat terjamin, dan sediaan jadi obat di Indonesia dijamin keamanan, mutu dan khasiatnya sehingga dapat memberikan perlindungan bagi masyarakat.

Download Farmakope Edisi V

Baca :  Daftar Lengkap Regulasi Kefarmasian yang Wajib Diketahui Apoteker

About Nasrul Wathoni

Nasrul Wathoni, Ph.D., Apt. Pada tahun 2004 lulus sebagai Sarjana Farmasi dari Universitas Padjadjaran. Gelar profesi apoteker didapat dari Universitas Padjadjaran dan Master Farmasetika dari Institut Teknologi Bandung. Gelar Ph.D. di bidang Farmasetika diperoleh dari Kumamoto University pada tahun 2017. Saat ini bekerja sebagai dosen dan peneliti di Departemen Farmasetika, Farmasi Unpad.

Check Also

standar kompetensi apoteker indonesia

Buku Saku Standar Kompetensi Apoteker Indonesia (SKAI)

GudangIlmuFarmasi – Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan Asosiasi Perguruan Tinggi Indonesia (APTFI) telah menetapkan Standar …