Home / Mahasiswa S1 / Anak Farmasi Harus Tahu 6 Mineral Unik Untuk Kesehatan dan Cara Mendapatkannya
ijpst

Anak Farmasi Harus Tahu 6 Mineral Unik Untuk Kesehatan dan Cara Mendapatkannya

GudangIlmuFarmasi – Tanpa disadari sebuah keseimbangan mineral dalam tubuh merupakan kunci untuk diet sehat. Tetapi, seperti halnya vitamin, ada banyak dari mineral yang harus diketahui, terutama 6 mineral unik penting yang kurang dikenal. Oleh karenanya, anak farmasi harus tahu dan mengenal apa saja dan bagaimana cara mendapatkannya.

Kita semua tahu bahwa kita membutuhkan kalsium dan zat besi untuk menjaga tubuh kita agar tetap kuat. Namun demikian, ada 6 mineral kurang terkenal yang harus kita konsumsi setiap hari. Mineral ini semua dapat ditemukan di tabel periodik unsur.

1. FOSFOR/PHOSPHORUS

Menurut the U.S. National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, fosfor membuat tulang, pembuluh darah dan otot yang sehat. Fosfor dapat ditemukan dalam makanan kaya protein seperti daging, kacang-kacangan, dan susu.

The U.S National Library of Medicine menyarankan orang dewasa harus mendapatkan sekitar 700 miligram per hari,. Itu jumlah yang layak bagi fosfor yang menyumbang 1 persen dari berat badan seseorang. “Fosfor adalah mineral yang paling berlimpah kedua di dalam tubuh. Hal ini hadir dalam setiap sel tubuh. Sebagian besar fosfor dalam tubuh ditemukan dalam tulang dan gigi.” menurut The U.S National Library of Medicine.

Mineral ini secara alami hadir dalam berbagai makanan, tetapi ada beberapa pertanyaan tentang apakah fosfat yang ditambahkan ke makanan sebagai pengawet akan buruk bagi kesehatan? jadi pastikan untuk memperhatikan label nutrisi makanan yang dikonsumsi.

2. SELENIUM

Menurut the U.S. National Library of Medicine, Selenium membantu membuat protein mencegah kerusakan sel, dan fungsi lainnya. Sementara belum ada penelitian pasti, beberapa peneliti percaya Selenium mampu mencegah kanker tertentu dan penyakit jantung.

Baca :  Membedakan Sterilisasi dan Depirogenasi

Dewasa hanya perlu 55 mikrogram sehari, dan mereka bisa mendapatkannya dari sayuran, tergantung pada seberapa banyak selenium hadir di tanah di mana mereka tumbuh. Terdapat pula di ikan dan daging lainnya, biji-bijian, telur, hati dan bawang putih.

3. MAGNESIUM

National Institutes of Health mengatakan mineral ini berperan dalam seluruh sistem metabolisme tubuh; Dimana terlibat dalam tugas-tugas beragam seperti membuat protein, mengendalikan gula darah dan tekanan, dan membantu otot dan fungsi saraf. tubuh orang dewasa memiliki sekitar 25 gram magnesium, mayoritas yang dalam tulang mereka.

Setiap orang perlu mengkonsumsi beberapa ratus miligram per hari, dengan jumlah yang tepat tergantung pada usia dan jenis kelamin. Hal ini dapat ditemukan dalam bayam, kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian dan biji-bijian.

4. SULFUR

The Texas Heart Institute mengatakan sulfur penting karena dibutuhkan untuk mendukung beberapa asam amino tubuh Anda, yang mendukung fungsi fisiologis dan termasuk salah satu blok bangunan otot serta jaringan lainnya.

Sulfur dapat ditemukan di bawang, bawang putih, telur, daging dan susu.

5. KOBALT

Pada kenyataannya, Kobalt tidak perlu banyak dibutuhkan dalam tubuh, terlalu banyak dampak negatif yang dapat mempengaruhi jantung dan kesuburan laki-laki, tapi Kobalt perlu karena perannya dalam vitamin B yang penting untuk sistem saraf dan pencernaan.

Kobalt adalah “bagian utama dari struktur vitamin B12,” menurut the U.K.’s National Health Service. “Jika Anda mendapatkan cukup vitamin B12, Anda juga akan mendapatkan cukup kobalt.”

Kobalt dapat ditemukan di ikan, kacang-kacangan, gandum dan sayuran berdaun hijau seperti brokoli dan bayam.

6. TEMBAGA/COPPER

Unsur ini digunakan untuk bahan kabel dan koin, selain itu juga busa membuat sehat dalam jumlah kecil dalam tubuh Anda.

“Tembaga bekerja dengan besi/Fe untuk membantu membentuk sel darah merah,” menurutthe U.S. National Library of Medicine. “Hal ini juga membantu menjaga pembuluh darah, saraf, sistem kekebalan tubuh, dan tulang yang sehat.” Tanpa itu, Anda berisiko anemia dan osteoporosis.

Baca :  10 Keahlian yang Tidak Dipelajari di Kuliah Farmasi dan Apoteker

Anda dapat menemukan tembaga terutama di kerang, biji-bijian, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan kentang, serta di ginjal dan hati.” Sumber yang lebih kecil lainnya dari tembaga  bisa didapat dari buah-buahan, sayuran hijau gelap kering, kakao dan lada hitam.

Sumber :

Elana Glowatz. Weird Minerals For Health: From Copper To Cobalt, The 6 Minerals You Need In Your Diet And How To Get Them. http://www.medicaldaily.com/weird-minerals-health-copper-cobalt-6-minerals-you-need-your-diet-and-how-get-408414 (Diakses 16 Januari 2016).

About Nasrul Wathoni

Nasrul Wathoni, Ph.D., Apt. Pada tahun 2004 lulus sebagai Sarjana Farmasi dari Universitas Padjadjaran. Gelar profesi apoteker didapat dari Universitas Padjadjaran dan Master Farmasetika dari Institut Teknologi Bandung. Gelar Ph.D. di bidang Farmasetika diperoleh dari Kumamoto University pada tahun 2017. Saat ini bekerja sebagai dosen dan peneliti di Departemen Farmasetika, Farmasi Unpad.

Check Also

bakteri

Prinsip Bacterial Endotoxin Test (BET) Untuk Mendeteksi Pirogen dalam Produk Farmasi

GudangIlmuFarmasi – Pengujian Endotoksin Bakteri atau Bacterial Endotoxin Test (BET) dapat dilakukan untuk mendeteksi pirogen yang …