Home / Apoteker / 6 Tips Untuk Hilangkan Kejenuhan Bekerja dan Meningkatkan Karir Kefarmasian
ijpst
apoteker
pic : freedigitalphotos.net

6 Tips Untuk Hilangkan Kejenuhan Bekerja dan Meningkatkan Karir Kefarmasian

GudangIlmuFarmasi – Seorang Apoteker memiliki peluang kerja yang luas di bidang farmasi. Dari mulai apotek, rumah sakit, industri farmasi, pemerintahan, dan lainnya. Saking luasnya, terkadang ada disuatu titik jenuh pekerjaan yang sedang dilakoni atau memerlukan suatu lompatan karir kefarmasiannya.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan berdasarkan pengalaman seorang apoteker dan entrepreuner Theresa Morrow dari Virginia Commonwealth University digabungkan dengan pengalaman pribadi.

1. Membaca dan Mendengarkan

Pergi ke toko buku di mall dan temukan buku yang menantang anda untuk memahami sisi klinis farmasi dan memotivasi diri untuk tampil didepan berinteraksi dengan pasien. Pastikan mendapatkan sesuatu yang akan menginspirasi untuk diterapkan kembali dalam pekerjaan sehari-hari Anda.

Mungkin juga anda menyukai farmakologi dan ingin membaca tentang penelitian terbaru, atau mungkin seorang ahli sejarah dan ingin tahu asal usulnya. Apapun minatnya, bacalah sebuah buku atau artikel di luar sana yang bisa menginspirasi Anda.

Di era digital ini, smartphone bisa digunakan untuk membaca artikel melalui aplikasi mobile atau website yang dianggap bisa membantu menghilangkan kejenuhan selama bekerja.

Jika tidak suka membaca, podcast ataupun melalui media youtube dan sejenisnya bisa mendengar dan melihat ilmu-ilmu baru terkait kefarmasian.

2. Mengikuti pelatihan

Continuing Education (CE) penting dilakukan untuk belajar tentang sesuatu yang menggairahkan Anda dan akan meningkatkan kepercayaan diri ketika kembali bekerja.

Bukan tidak mungkin perusahaan atau institusi tempat bekerja memberikan kesempatan untuk mengikuti pelatihan/workshop bahkan secara gratis. Ikuti informasi agenda kefarmasian yang biasanya didapat dari informasi teman sejawat, melalui media sosial, pesan berantai, ataupun melalui situs khusus yang menyediakan fitur agenda.

Baca :  Peran Apoteker dalam Pencegahan dan Pengendalian Resistensi Antimikroba

3. Menghadiri seminar

Banyak manfaat dalam menghadiri seminar. Selain refreshing menghadiri seminar di luar kota juga memiliki kesempatan besar untuk belajar hal-hal baru. Usahakan mencari kenalan baru dan luangkan waktu untuk berdiskusi dengan minmal 5 orang yang tidak anda kenal dan sharing pengalaman terkait pekerjaannya. Bandingkan tips tentang bagaimana menjadi seorang apoteker yang lebih baik dan belajar tentang peluang lain di bidang kita.

4. Bergabung dengan komunitas apoteker di daerah anda

Cari apoteker di daerah Anda dan mencoba untuk makan malam atau makan siang bersama. Selain itu, saat ini Ikatan Apoteker Indonesia telah memiliki 6 himpunan seminat dan 1 perkumpulan peneliti muda.

Berikut 6 himpunan seminat dan 1 perkumpulan peneliti muda beserta ketuanya untuk periode 2014-2018.

  1. Himpunan Seminat Farmasi Masyarakat (HISFARMA)
    Ketua : Drs. Saleh Rustandi, Apt
  2. Himpunan Seminat Farmasi Rumah Sakit (HISFARSI)
    Ketua : Drs. Masrial Mahyudin, Apt
  3. Himpunan Seminat Farmasi Industri (HISFARIN)
    Ketua : Drs. Ganggas Cahyono, Apt., MBA
  4. Himpunan Seminat Farmasi Distribusi (HISFARDIS)
    Ketua : Drs. Ignatius Muryanto, Apt
  5. Himpunan Apoteker Seminat Obat Tradisional (HIMASTRA)
    Ketua : Drs. Sri Wahyono, Apt
  6. Himpunan Apoteker Seminat Kosmetik (HIASKOS)
    Ketua : Dra. Machfiah, Apt
  7. Indonesian Young Pharmacist Group (IYPG)
    Ketua : Audrey Clarissa, S.Si., Apt

Bergabung dan berkumpul bersama apoteker satu peminatan menjadi solusi untuk mengembangkan karirnya. Diskusi antar seminat juga bisa memungkinkan untuk mengenal lebih jauh bidang pekerjaan lainnya. Temukan himpunan seminat di daerah anda.

Kemajuan dunia internet dan sosial media bisa membantu saling berinteraksi tanpa tatap muka. Bergabung dengan situs komunitas kefarmasian juga salah satu solusi untuk tetap menjaga kesolidan diantara sejawat.

5. Pertimbangkan pilihan Anda

Jika benar-benar bulat dan siap untuk melanjutkan pada karir pilihan berikutnya. Luangkan waktu untuk mempelajari apa yang Anda cari dalam budaya perusahaan baru atau tugas dari peran baru. Mempertimbangkan baik buruk untuk mencoba berbagai jenis karir baru.

Baca :  5 Negara dengan Gaji Apoteker Paling Tinggi di Dunia

6. Berbicara dengan orang terdekat

Sebelum Anda membuat keputusan besar, meluangkan waktu untuk mendiskusikan pilihan Anda dengan teman dekat atau anggota keluarga adalah penting. Bahkan jika memungkinkan membuat jadwal makan siang dengan atasan Anda dan membahas peluang untuk tumbuh dalam peran Anda saat ini. Pastikan dia atau dia menyadari tantangan dan minat sehingga Anda dapat merencanakan jalan Anda ke depan bersama-sama.

Cara lain dengan berbicara dengan mentor atau mungkin seorang profesor yang pernah menumbuhkan rasa percaya diri Anda.

Pada akhirnya, cara untuk menemukan sesuatu yang dapat menggairahkan anda sehingga mampu menghilangkan kejenuhan dan meningkatkan karir kefarmasiannya ada di diri anda sendiri. Temukanlah cara tepat sebagai alat untuk memperbaiki situasi Anda saat ini

Sumber :

  1. http://www.pharmacytimes.com/contributor/theresa-morrow-pharmd/2016/09/7-tips-to-re-energize-your-pharmacy-career/
  2. http://www.ikatanapotekerindonesia.net/page/himpunan-seminat–iypg

About Nasrul Wathoni

Nasrul Wathoni, Ph.D., Apt. Pada tahun 2004 lulus sebagai Sarjana Farmasi dari Universitas Padjadjaran. Gelar profesi apoteker didapat dari Universitas Padjadjaran dan Master Farmasetika dari Institut Teknologi Bandung. Gelar Ph.D. di bidang Farmasetika diperoleh dari Kumamoto University pada tahun 2017. Saat ini bekerja sebagai dosen dan peneliti di Departemen Farmasetika, Farmasi Unpad.

Check Also

kriminalisasi

Strategi Menghadapi Kriminalisasi Praktik Apoteker

GudangIlmuFarmasi – RAKERNAS dan PIT IAI 2017 pada 6 September 2017 di INDONESIA CONVENTION EXHIBITION (ICE), …