Home / Apoteker / 5 Tips Untuk Mendukung Program Ramah Lingkungan “Go Green” di Apotek
ramah lingkungan
pic : freedigitalphotos.net

5 Tips Untuk Mendukung Program Ramah Lingkungan “Go Green” di Apotek

GudangIlmuFarmasi – Konsep “Go Green” menjadi isu hangat akhir-akhir ini, banyak para komunitas di tanah air termasuk para pejabat daerah mulai mengkampanyeukan berbagai program kegiatan demi menjaga dan melestarikan lingkungan yang lebih indah, bersih, sehat, hijau dan mengurangi dampak Global Warmning.

Tidak terkecuali bagi para Apoteker terutama di Apotek, ada beberapa tips yang bisa dilakukan dalam pekerjaan sehari-seharinya seperti berikut ini :

1. Resep elektronik

Tidak menutup kemungkinan, e-prescribing atau resep elektronik yang saat ini telah digunakan di negara maju menjadi suatu solusi untuk meminimalisir kertas resep dan salinannya.

Beberapa penelitian membuktikan dengan e-resep selain efisiensi juga bisa meminimalkan kesalahan karena tidak menyalinnya secara manual.

2. Meminimalkan kertas

Jika pasien tidak perlu tanda terima, maka meminimalisir jumlah bukti pembelian salah satu cara untuk mengurangi banyaknya kertas yang terbuang.

3. Hindari kantong plastik

Tentu saja pasien akan memerlukan kantong plastik jika membeli obat dalam jumlah besar. Tetapi bisa dicoba untuk menempelkan tulisan agar pasien untuk membawa tas sendiri atau dengan berbahan ramah lingkungan.

4. Botol digunakan kembali

Hal ini mungkin terdengar menjijikkan dan tidak sehat pada awalnya. Tip ini hanya berlaku untuk botol yang digunakan untuk obat yang sama untuk pasien yang sama. Mendorong pasien untuk membawa botol untuk isi ulang. Anda hanya bisa menempel label baru di atas yang lama saat mengisi botol.

5. Menghemat energi

Matikan lampu, AC, monitor komputer dan peralatan lainnya yang tidak diperlukan ketika apotek ditutup. Ini akan menghemat tagihan listrik juga.

Sumber : http://www.pharmacytimes.com/contributor/sally-rafie-pharmd/2016/11/7-tips-for-going-green-in-the-pharmacy

Baca :  Apoteker Harus Tahu Efek Samping Obat yang Menyebabkan Radang Esofagus

About Nasrul Wathoni

Nasrul Wathoni, Ph.D., Apt. Pada tahun 2004 lulus sebagai Sarjana Farmasi dari Universitas Padjadjaran. Gelar profesi apoteker didapat dari Universitas Padjadjaran dan Master Farmasetika dari Institut Teknologi Bandung. Gelar Ph.D. di bidang Farmasetika diperoleh dari Kumamoto University pada tahun 2017. Saat ini bekerja sebagai dosen dan peneliti di Departemen Farmasetika, Farmasi Unpad.

Check Also

Kini Pengajuan SIPA/SIKA Melalui STRA Online Terintegrasi

GudangIlmuFarmasi – Setelah sukses dengan sistem full online aplikasi pengajuan Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA) …