Home / Apoteker / 5 Pertanyaan Kunci Sukses Bagi Apoteker Pengelola Apotek
gaji apoteker

5 Pertanyaan Kunci Sukses Bagi Apoteker Pengelola Apotek

GudangIlmuFarmasi – Menguasai seni bertanya pada diri sendiri dengan pertanyaan yang tepat dapat memberikan keuntungan bagi Apoteker Pengelola Apotek (APA) dalam menangani pasien, tenaga teknis kefarmasian, karyawan, dan distributor. Ketika berhadapan dengan masalah yang sulit, pertanyaan kunci sukses APA bisa lebih bermanfaat.

Membuat pertanyaan kumci sukses yang tepat adalah suatu keharusan dalam hal mendapatkan solusi terbaik untuk masalah yang paling mengganggu dan dapat mengubah mengarah pada keuntungan dan omzet yang lebih besar.

APA yang bertanya pada diri sendiri untuk 5 pertanyaan berikut setiap minggu akan menemukan bahwa latihan ini membantu mereka membuat apotek yang mereka inginkan, yang penting di komunitas mereka dan yang membantu menciptakan gaya hidup yang bermanfaat bagi keluarga mereka.

1. Apakah yang bisa dilakukan saya hari ini yang akan membawa saya ke mana apotek ini di hari berikutnya?

Ini adalah pertanyaan pertama dan paling mendasar yang perlu dijawab. Lagi pula, apa yang menghasilkan keuntungan besar bertahun-tahun yang lalu mungkin sangat tidak memadai sekarang karena ekonomi dan pasar yang cepat berubah.

Strategi dan alat baru mungkin diperlukan. Selain itu, melakukan studi demografi yang lebih komprehensif terhadap populasi di sekitarnya kemungkinan akan bermanfaat. Tanpa alat-alat baru ini, apotek bisa merugi.

Itu adalah jawaban singkat untuk pertanyaan No. 1. Berikut adalah pertanyaan kunci lainnya untuk ditanyakan pada diri mereka sendiri, dan apoteker harus merenungkan jawaban mereka sendiri:

2. Sudahkah saya memiliki faktor pembeda dengan kompetitor?

3. Apakah saya mengatur waktu, usaha, dan sumber daya lain untuk memenangkan strategi dan pemasaran yang hebat untuk membangun masa depan yang saya inginkan, atau apakah saya masih melekat pada status quo, yang didasarkan pada hasil kemarin dan kesalahan hari ini?

Baca :  Peran Apoteker Dalam Menangkal HOAX Terkait Obat dan Makanan

4. Apakah saya memfokuskan setiap jam setiap hari kerja pada beberapa kegiatan yang berkontribusi paling banyak pada peningkatan arus kas dan laba?

5. Apa yang paling dihargai dan dicari pasien potensial yang mereka tidak temukan dari saya dan mencari dari pesaing saya?

Bertanya dan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu apotek berkembang dengan lebih menarik pasien baru, serta meningkatkan omzet apotek.

Sumber : https://www.pharmacytimes.com/contributor/lester-nathan-ms/2018/06/5-key-questions-pharmacy-owners-should-ask-themselves

About Nasrul Wathoni

Nasrul Wathoni, Ph.D., Apt. Pada tahun 2004 lulus sebagai Sarjana Farmasi dari Universitas Padjadjaran. Gelar profesi apoteker didapat dari Universitas Padjadjaran dan Master Farmasetika dari Institut Teknologi Bandung. Gelar Ph.D. di bidang Farmasetika diperoleh dari Kumamoto University pada tahun 2017. Saat ini bekerja sebagai dosen dan peneliti di Departemen Farmasetika, Farmasi Unpad.

Check Also

Kini Pengajuan SIPA/SIKA Melalui STRA Online Terintegrasi

GudangIlmuFarmasi – Setelah sukses dengan sistem full online aplikasi pengajuan Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA) …