Home / Mahasiswa Apt / 5 Perguruan Tinggi Farmasi dengan Lulusan Apoteker Terbanyak di Indonesia

5 Perguruan Tinggi Farmasi dengan Lulusan Apoteker Terbanyak di Indonesia

GudangIlmuFarmasi – Melalui situs resmi Komite Farmasi Nasional (KFN) merilis secara real time  berapa jumlah apoteker di Indonesia yang telah memiliki Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA). Selain itu pula terdapat rekapitulasi data “5 Perguruan Tinggi Farmasi dengan Lulusan Apoteker Terbanyak di Indonesia”.

Jumlah Apoteker yang terdaftar di KFN

Jumlah Apoteker yang terdaftar di KFN hingga 8 Oktober 2016 sebanyak 54921 orang dengan rincian 12480 pria dan 42441 wanita dengan kata lain perbandingannya kira-kira 1:4.

apoteker jenis kelamin

Jumlah lulusan Apoteker dalam 5 tahun terakhir

Ketika di lihat jumlah lulusan apoteker dari tahun 2012 hingga 2015 yang resmi terdaftar di KFN, terlihat tahun 2014 memiliki jumlah apoteker paling banyak yang melakukan registrasi di situs KFN.

chart-2

5 Universitas yang menghasilkan lulusan apoteker terbanyak

Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi Perguruan Tinggi Farmasi yang paling banyak meluluskan apoteker yang teregistrasi di KFN. Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (Unair) menjadi kedua terbanyak, disusul Universitas Pancasila, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Hasanudin.

Jumlah lulusan apoteker berdasarkan Universitas terbanyak meluluskan apoteker erat kaitannya dengan tahun pendirian program studi Apoteker dan daya tampung penerimaan apotekernya sendiri.

chart-1

Baca :  6 Ruang Lingkup dan Fungsi Sebenarnya Seorang Apoteker Menurut WHO

About Nasrul Wathoni

Nasrul Wathoni, Ph.D., Apt. Pada tahun 2004 lulus sebagai Sarjana Farmasi dari Universitas Padjadjaran. Gelar profesi apoteker didapat dari Universitas Padjadjaran dan Master Farmasetika dari Institut Teknologi Bandung. Gelar Ph.D. di bidang Farmasetika diperoleh dari Kumamoto University pada tahun 2017. Saat ini bekerja sebagai dosen dan peneliti di Departemen Farmasetika, Farmasi Unpad.

Check Also

standar kompetensi apoteker indonesia

Blue Print Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia Metode CBT dan OSCE

GudangIlmuFarmasi – Uji Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI) merupakan penerapan sistem uji kompetensi secara nasional pada …